×

COVID-19 UPDATES - SHIPPING INFORMATION & STORE HOURS

Trend Report

Dresshaus Woman – Dinar Amanda

Posted on 30 Aug, 2019

An Interview with Dinar Amanda — Co Founder of Rollover Reaction 

Beberapa waktu yang lalu pada bulan puasa Ramadhan, kami melakukan sebuah wawancara dengan salah satu tokoh terkemuka di beauty industry Indonesia yang merupakan co founder Rollover Reaction. Brand kecantikan yang satu ini datang ke arena beauty industry Indonesia ketika negara ini masih mengalami tahap perkembangan awal beauty industry. Masa-masa itu merupakan waktu dimana Indonesia masih didominasi produk-produk kosmetik asal luar negeri. Rollover Reaction muncul dengan standar dan ide-ide baru di dunia kecantikan Indonesia yang dapat dinikmati, diapresiasi, dan dibanggakan masyarakat lokal.

Memperkenalkan #DresshausWoman  — wanita muda yang mendedikasikan hidupnya pada seni dan merupakan co-founder Rollover Reaction — Dinar Amanda.


 

Bagaimana anda merintis karier menjadi seorang entrepreneur? Boleh diceritakan sedikit mengenai diri Anda?

Dinar Amanda : Latar belakang pendidikan saya adalah desain produk dan sejak dulu saya memang ingin membuat bisnis sendiri. Ketika status saya masih mahasiswa yang sering mengerjakan proyek-proyek kuliah, saya berpikir akan lebih baik jika karya-karya saya dapat dinikmati orang banyak. Perjalanan bisnis saya mulai ketika saya banyak belajar tentang bisnis dari teman-teman dari jurusan tersebut dan seringkali bekerja sama mengerjakan proyek kuliah dengan mereka.

 

Ceritakan lebih banyak tentang Rollover Reaction. Bagaimana awal mulanya? 

Dinar Amanda : Segera setelah lulus kuliah, saya mulai brainstorming pada 2014 dengan partner saya yang merupakan lulusan bisnis. Kami bertanya-tanya mengapa masyarakat Indonesia dengan mudah mengeluarkan uang untuk membeli produk-produk kosmetik dari luar negeri. Saat itu, Indonesia masih dalam tahap merintis beauty industry dan kami menyadari bahwa kami perlu memproduksi brand kosmetik lokal yang dicintai dan diapresiasi orang-orang, khususnya millenials. Kami menempuh tahap research and development dan kemudian sepakat untuk membentuk Rollover Reaction.

 

Nilai-nilai apa saja yang menyatukan anda dengan Rollover Reaction?

Dinar Amanda : Kami percaya visi utama Rollover Reaction adalah untuk menjadi generasi baru brand kecantikan. Kami prihatin dengan penggemar kosmetik yang masih belum bisa merasakan kebanggaan menggunakan brand kecantikan lokal. Pada era ini, kami memanfaatkan platform digital dan membuat segala aspek marketing menarik secara visual untuk para millenials. Penting bagi kami untuk menghadirkan produk dengan sedemikian rupa memanfaatkan teknologi informasi yang ada untuk memperkuat personal connection dan kesetiaan pelanggan dengan produk-produk kosmetik kami.

 

Apa pandangan Anda terhadap industri make-up di Indonesia dan bagaimana caranya untuk tetap bertahan diatas tren?

Dinar Amanda : Menurut saya sangat positif. Di Rollover Reaction, kami menjadi bagian dari emerging beauty industry di Indonesia dengan membuat standar baru di beauty industry mulai dari desain packaging, campaign, dan kehadiran offline store kami sendiri. Produk-produk Rollover Reaction dibentuk dengan perencanaan yang matang, memperhatikan setiap detail, dan storytelling karena konsumen saat ini lebih kritis untuk menginginkan produk yang lebih transparan. Mereka juga ingin suatu produk yang unik dan autentik. Itulah tujuan kami. Dari sisi kompetitif untuk berkontribusi di industri ini, kami selalu fokus kepada diri sendiri agar tetap berkembang.

 

Dari apa yang kami ketahui, latar belakang Anda adalah dalam bidang seni dan desain. Bagaimana pandangan anda terhadap pentingnya seni di industri bisnis?

Dinar Amanda : Background saya adalah lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain. Bidang tersebut sangat berkaitan dengan kreativitas dan seni. Semasa saya menempuh pendidikan tinggi, saya selalu memikirkan bagaimana cara karya saya dapat diapresiasi orang dan menghasilkan sesuatu yang berharga. Di Rollover Reaction sendiri, produk-produk kami tentunya juga memiliki sense of creativity karena penggunaan kosmetik adalah sarana yang kuat untuk mengekspresikan diri kita dan itu merupakan sebuah seni bagaimana kita berkreasi dengan make-up. Bagi saya, aspek ini sejalan dengan passion dan goal saya, bagaimana saya bisa mengaplikasikan kreativitas di kehidupan sehari-hari.

 

Sebagai marketing director, menurut Anda sepenting apakah visual dan estetika dalam product marketing

Dinar Amanda : Sangat penting. Desain merupakan proses kreatif yang penting untuk menyampaikan core values melalui sarana visual. Visual aesthetic, branding, dan storytelling sangat penting untuk membangun Rollover Reaction. Mengapa branding menjadi sangat penting? Di era digital, segala informasi disampaikan secara atraktif dan efektif dengan visual yang menarik. Dewasa ini, masyarakat tidak lagi tertarik dengan teks informasi yang panjang, jadi itulah tugas kami untuk membuat informasi yang ingin kami berikan menjadi simbol visual dengan wording yang mudah ditangkap melalui sudut yang berbeda dan atraktif. Pada masa kini, masyarakat tidak terlalu percaya dengan hal yang sangat komersial dan dibuat-buat. 

 

Di bulan Ramadan ini, apa saran anda untuk tetap tampil sempurna dan bercahaya selama bulan puasa?

Di bulan Ramadan, bukan hanya hati kita yang harus glowing namun wajah kita juga tetap bisa dibuat glowing. Saya menyarankan perbanyak minum air untuk menghindari dehidrasi. Tips lain untuk tetap terlihat sempurna dan bercahaya : dari Rollover Reaction, saya menyarankan Hydrating Face Mist dan aplikasikan Nourishing Lip Balm untuk mencegah bibir pecah-pecah. Tips menarik lainnya untuk tetap terlihat segar dan tidak pucat sepanjang hari adalah dengan mengaplikasikan Chunky! Lip Cheek Crayon di bibir dan pipi Anda.

0 comments

Leave a comment